Mengatasi Satria Fu Mogok Saat Kehujanan ( Pengalaman )

Mengatasi Satria Fu Mogok Saat Kehujanan ( Pengalaman )

satria kena air
Artikel mengetai cara mengatasi satria fu mogok ketika hujan ini pasti sangat di butuhkan banget bagi rider satria. Maka dari itu saya ingin berbagi tips mudah mengenai motor satria yang mati atau susah hidup saat kehujanan .

Karena kebetulan saya sendiri selaku admin ipangbrow juga penunggang suzuki satria pernah mengalami kejadian tersebut . Jadi saya bakal berbagi sedikit informasi buat rider satria dimana pun kamu berada tentang cara mengatasi motor satria yang mati mendadak jika terkena hujan menurut pengalaman sendiri .

Motor satria fu mati saat hujan 

Saya sendiri ketika awal awal memiliki motor ini pernah merasakan panik bukan main ketika sedang enak-enaknya mengendarainya di jalan seketika itu mati dan mogok begitu saja . Karena pengetahuan saya mengenai dunia otomotif kurang mumpuni , tidak berfikir panjang langsung mencari bengkel . Beruntung saya menemukan bengkel tidak jauh dari lokasi motor mogok . 

Langsunglah otw ke bengkel tersebut buat penanganan motor satria yang mati mendadak .
Tidak selang beberapa lama , hanya hitungan menit motor sudah hidup kembali .

Saya pun menanyakan ke mekanik yang menanganinya perihal penyebab motor satria susah hidup dan mendadak mati .

Jawabannya adalah karena faktor air hujan , di karnakan kebetulan motor yang saya tunggangi tersebut mogok sewaktu di perjalanan sedang hujan . Ternyata motor satria fu rentan mati ketika terkena air hujan di karenakan kondisi lubang busi yang hampir vertikal atau tegak lurus menghadap ke atas .

busi satria kemasukan air

Hal itu bisa mengakibatkan cipratan air dengan mudah masuk ke ruang pengapian ( busi ) . Busi jadi tergenang air . Pada akhirnya mengakibatkan mesin motor satria fu mati atau mogok lantaran busi tidak lagi dapat memercikan api karna kondisinya basah .

Mengatasi satria fu susah hidup


Sewaktu di bengkelpun penanganannya terlihat simple hanya membuka cangklong busi dan mengeluarkan busi . Setelah itu menyemprot lubang busi dengan angin bertekanan tinggi (kompresor) agar air yang ada di dalamnya keluar .

Tidak lupa mengelap cangklong dan businya dengan kain kering guna menghilangkan sisa sisa air yang masih menempel . Dan menghampelas ujung busi yang hitam menggunakan ampelas halus .

Terus bagaimana supaya motor satria fu tidak mudah mogok lagi sewaktu terkena hujan ?.

Saya sendiri jika akan keluar dan keadaan terlihat akan hujan sebelumnya mengecek lubang kecil yang berada dekat dengan lubang knalpot. Caranya dengan membersihkannya dengan kawat atau bisa kayu kecil (bisa lidi ) yang terpenting kuat .

Gunanya buat mengkorek kotoran atau debu yang ada di dalamnya . Kalau belum tau dimana lokasi lubang yang di maksud , lihat pada gambar di bawah ini .
satria fu mati saat hujan
Sumber Gambar : dkotomotif,blogspot.com
Lubang tersebut sudah di sediakan dari pabrikannya buat mengatasi jika ruang pengapian kemasukan air . Jadi asalkan lubang tersebut tidak tertutup oleh lumpur, debu , dan kotoran lainnya yang menyumbat . Air yang masuk ke ruang busi bisa keluar melalui lubang tersebut guna meminimalisir motor satria fu mogok mendadak saat hujan .

Meski terlihat sepele kamu sebagai rider fu mesti rajin memeriksa keadaan lubang tersebut demi kelancaran dalam berkendara biar tidak cepat mati waktu hujan .

Jika hal di atas sudah di lakukan tetapi mesin tetap tidak mau hidup , kemungkinan karburator kemasukan air . Saya sendiri juga pernah mengalaminya pada saat melakukan perjalanan jarak jauh dari cilacap-bekasi . 

Di pertengahan perjalanan terjadi hujan lebat , berhubung keadaan sudah sore saya tetap menerobos hujan sampai lokasi tujuan dengan menunggangi satria fu . Memang di perjalanan yang saya tempuh lumayan jauh ketika menerobos hujan tapi Bersyukur motor yang saya tunggangi tidak rewel di jalan .

Tapi kendala terjadi keesokan harinya pada waktu pagi hari saat akan di hidupkan . Motor tidak mau nyala sama sekali , dan saya mengingat ingat jika kemarin saya telah menerobos hujan dengan jangka waktu lumayan lama . Pikir saya pasti ruangan pengapian kemasukan air .

Ternyata benar adanya , setelah saya semprot menggunakan angin kompresor , banyak air di dalam lubang busi . Dirasa sudah cukup kering semua komponen pengapian nya , Saya coba lagi menghidupkan motor satria fu kesayangan tetapi tidak kunjung hidup .

Alhasil saya serahkan ke yang lebih ahli karena minimumnya pengetahuan mengenai mesin motor , ujung ujungnya otw bengkel lagi . Karena pemilik bengkel teman saya , jadi sebelum di otak atik saya sempatkan mengobrol dahulu kronologinya sebelum motor mati. 

Setelah mengetahui motor saya di bawa menerobos hujan dengan waktu yang lumayan lama , tidak berfikir panjang si mekanik ( teman saya) langsung membongkar komponen karburator dan membersihkannya . Ternyata disitulah letak kendalanya , karbu kemasukan air .
Setelah karburator selesai di cleaning , Alhamdulillah si Fu kembali ngacir .

Bagi yang biasa bongkar part part motor sih pasti mudah dan lebih baik bongkar sendiri , tapi bagi yang awam mending saran saya serahkan saja ke yang ahlinya . Guna tidak menambah permasalahan pada motor .

Nah jadi sudah tau kan cara mengatasi motor satria yang mati saat hujan penyebabnya apa saja . Bacaan di atas dan solusi yang saya tuliskan adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri , jikalau ada rekan rider satria yang ingin menambahkan mengenai tips penanganan motor satria yang mogok monggo di persilahkan .
This Is The Newest Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar