Urutan Lampiran Lamaran Kerja yang Benar Dalam Amplop

Urutan Lampiran Lamaran Kerja yang Benar Dalam Amplop

urutan berkas  yang benar menurut hrd
Dalam mencari calon karyawa baru , pasti si perekrut dari setiap perusahaan akan menyeleksi apapun berkas dari pelamar secara detail buat menyeleksi untuk di jadikan pegawai baru nya . Salah satunya adalah urutan lampiran lamaran kerja yang benar.

Memang mungkin ini terlihat sepele dan banyak dari pencaker yang mengesampingkan bahkan tidak terlalu memperdulikan benar tidaknya posisi berkas pada lamaran kerja yang akan di kirim . Meskipun tidak ada permintaan khusus tentang cara menyusun lamaran kerja di setiap informasi loker yang di ajukan oleh perusahaan . Alangkah baiknya jika kita juga mesti perhatikan betul urutan isi dokumen lamaran kerja agar baik dan benar .

Semua itu tidak lain adalah agar surat lamaran kerja yang kamu kirim dapat di lirik oleh pihak HRD atau personalia kemudian supaya cepat mendapatkan panggilan kerja .

Sebenarnya banyak faktor yang dapat menentukan seorang pencari kerja di panggil perusahaan . Seperti bagaimana membuat surat , kamu bisa melihat nya pada contoh penulisan surat lamaran kerja tulis tangan .

Meskipun di era yang serba modern nan tekologi yang canggih seperti sekarang ini banyak pt yang menerima surat lamaran via email. Surat yang di tulis tangan juga di butuhkan buat arsip secara fisik buat memverivikasi data dari calon karyawan nya .

Selain itu perhatikan juga dokumen dan berkas sebelum di masukan ke dalam amplop . Sudah sesuai dengan permintaan dari perusahaan atau belum. Jika belum tau di blog ipangbrow sudah membahas tentang persyaratan dan dokumen untuk melamar kerja secara umum yang sering dipakai oleh pencari kerja . Kalau syaratnya semua sudah terpenuhi sekarang lanjut bagaimana cara mengurutkan berkas lamaran pekerjaan .

Urutan surat lamaran kerja yang benar

Sejauh saya menggali informasi yang ada di luaran dari forum pencari kerja dan internet . Untuk saat ini belum menemukan sumber akurat bahwasanya jika dalam penataan lampiran dokumen kerja yang di masukan ke dalam amplop coklat adalah sesuatu hal yang bisa berperan penting di panggil tidaknya kita nanti oleh HRD . Meskipun begitu kamu tetep harus memperhatikan hal tersebut , krna hal sekecil apapun pasti memepengaruhi penilaian .

Sebagian pencaker pemula pasti banyak yang kebingungan dan bertanya tanya bagaimana cara yang tepat dalam menyusun berkas lamaran kerja supaya benar .

Fikir saya meskipun lampiran lamaran yang di masukan ke dalam amplop coklat acak-acakan , pihak hrd pasti akan tetap melihat isi dari berkas tersebut . Apalagi kalo berkas yang ada sesuai dengan apa yang di mintai oleh perusahaan .Semua itu pasti akan jadi pertimbangan buat di proses lebih lanjut .

Jadi jangan berfikiran jika tidak dapat panggilan di karenakan kesalahan dalam penyusunan urutan berkas persyaratan kerja terlampir .Tetaplah berfikiran positif karena meskipun acak dan tidak berurutanpun lampiran surat kerja pasti HRD akan tetap melihat satu persatu dokumen yang di lampirkan didalam amplop.

Meski begitu alangkah baiknya jika kamu mengkondisikan apapun supaya lebih baik , yaitu membuatnya lebih rapih lagi  . Usahakan kalau dokumen yang akan kamu kirim ke meja hrd tidak kotor , lecek dan penuh coretan .

Lihat juga :  Cara interview kerja yang baik bagi pemula (Pengalaman)

Berikan yang terbaik , karna berkas yang kamu kirimkan adalah perantara sebagai promosi diri yang memberitahukan jika kamu layak mendapatkan jabatan yang kamu inginkan .Jadi lakukan sebaik mungkin dengan begitu pasti hrd akan memberikan kesan yang baik juga terhadapmu .

Susunan surat lamaran pekerjaan di amplop

Berdasarkan pengalaman saya sendiri dalam menyusun isi dokumen yang benar buat melamar kerja yang ada di amplop . Saya selalu meletakan lembar yang paling kecil dulu di mulai dari pas foto .
Kira-kira seperti pada gambar di bawah ini .
cara memasukan surat lamaran kerja ke amplop
Syarat melamar kerja yang umum di pakai jika di urutkan seperti berikut.

1. Pas foto
2. Fc KTP
3. Fc NPWP
4. Surat lamaran kerja
5. Daftar riwayat hidup ( CV )
6. Fc Ijazah
7. Fc Transkip nilai
8. Fc Kartu Kuning
9. Fc surat keterangan dokter
10. Fc SKCK
11. Fc Paklaring
12 . Fc surat-surat pendukung


Bagi yang baru lulus pasti menanyakan kalo paklaring itu apa .Paklaring adalah surat keterangan tanda pernah bekerja . Jadi bagi yang baru lulus ataupun pemula yang belum pernah bekerja sama sekali tidak perlu memasukan paklaring . 

Untuk pas foto saya melampirkan 1 lembar berukuran 4x6 dengan background berwarna merah . Dan buat berkas yang lainnya juga sama melampirkan 1 lembar saja pada setiap dokumen . Dokumen yang ada di atas bukan patokan yang pasti , karena terkadang ada perusahaan yang meminta berkas lain buat di lampirkan jadi kamu tinggal mengikuti dan menambahkan saja jika ada yang kurang .

Agar lebih rapih gunakan papper clip buat menjepit berkas agar tidak berceceran setelah di masukan ke amplop . 
urutan berkas lamaran menurut hrd
Gambar Papperclips

Sampai disini sudah tau ya buat cara menyusun lamaran kerja yang benar. Tips pada tutorial memposisikan urutan dokumen ini bersumber dari pengalaman pribadi saya sendiri . Dan dengan cara ini saya selalu mendapatkan panggilan kerja . Tapi jika temen menemukan sumber informasi yang lebih akurat dan cocok tidak masalah . Semoga yang menbaca artikel ini segera cepat mendapatkan pekerjaan yang di inginkan , Amin .

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar