Tips Medical Check Up Agar Lulus ( Tes Kesehatan Kerja )

Tips Medical Check Up Agar Lulus ( Tes Kesehatan Kerja )

tips mcu
Tips medical check up ( MCU ) sangat di cari bagi para calon karyawan yang sedang berjuang dalam mencari kerja . Cara agar lulus mcu sebenarnya mudah saja yang terpenting kondisi badan sehat dan prima . Tetapi jangan meremehkan tahapan penyeleksian kerja yang satu ini ya .

Karena tes kesehatan kerja yang di lakukan tidak hanya di nilai sepintas dari luar tapi dari dalam juga di periksa . Adalah hal yang menegangkan menghadapi mcu bagi perokok apalagi bagi meraka yang jarang atau tidak pernah sama sekali berolah raga .Karna di khawatirkan hal tersebut jadi salah satu faktor penyebab gagal mcu .

Janganlah takut tidak lolos tes pemeriksaan kesehatan , karena semua itu bisa di atasi . Di karnakan test ini cuma melihat kondisi atau keadaan tubuh kamu pada hari itu saja .

Yang mesti  di perhatikan betul yaitu persiapan. Jadi jauh hari sebelum medical check up kondisikan semaksimal mungkin agar tubuh kamu prima . Maka tidaklah sulit untuk mendapatkan peluang lulus test kesehatan ini .

Jadi jika tekad kamu sudah bulat ingin mendapatkan pekerjaan dan mengikuti test dari perusahaan dengan lancar dan lulus pada tahapan  medical check up . Alangkah baiknya kamu merubah kebiasaan tidak baik yang bisa mengakibatkan kodisi badan menjadi buruk .

Hal ini tidak lain untuk diri sendiri juga . Pastinya kamu tidak menginginkan kegagalan dalam test pemeriksaan kesehatan kerja ini .

Semisal jika test kerja dari psikotest , interview sudah dinyatakan lolos tetapi pada tahap test mcu calon karyawan kamu malah mengalami kegagalan .Di karnakan sebab tidak memperhatikan betul kondisi kesehatan tubuh . Maka dari itu ubahlah kebiasaan burukmu seperti begadang , minum alkohol , dan berhenti merokok . Jauhi kebiasaan jelek tersebut supaya tidak memperparah kondisi badan .
Lakukanlah persiapanan yang matang jauh hari sebelumnya agar hasil maksimal ,

Tips sebelum medical check up

1. Cukupi waktu istirahat
Kalo kamu terbiasa begadang , mulai dari sekarang kurangi kebiasaan tersebut karna hanya akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan . Apalagi mendekati hari dimana akan diadakan tes medis.

Apapun alasannya lebih baik kamu usahakan tidur lebih cepat dan bangun lebih awal dari biasanya supaya tubuh semakin fit dan siap menghadapi tes mcu . Alasan mengapa kamu harus mencukupi waktu istirahat serta tidak boleh begadang menjelang atau sehari sebelum tes kesehatan yaitu supaya tekanan darah tetap normal .

Karna menurut informasi yang ada jika kita kurang istirahat dan sering bergadang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi yang di ikuti kondisi tubuh lainya juga pasti ada yang tidak normal . Hal demikian akan sangat berpengaruh sekali pada tes mecikal kerja .

Saya sendiri jika sudah mendapatkan info waktu MCU selalu mengusahakan buat tidur 8 jam pada malam hari karna itu adalah waktu tidur yang ideal buat seumuran orang dewasa .

2. Perbanyak minum air mineral.
Seperti yang kita tau jikalau tubuh manusia itu 80% adalah terdiri dari air . Jadi kalau air yang di butuhkan tubuh itu kurang akan mengganggu organ lainnya . Makanya jika kamu akan melakukan mcu usahakan seminggu atau beberapa hari sebelumnya cukupi kebutuhan air buat tubuhmu .

Cara lulus tes kesehatan ini sangat baik di lakukan .Para pakar percaya jika untuk dewasa air yang di butuhkan yaitu sekitar 8 gelas perhari nya , ya sekitaranan 1,5-1 liter .
cara mcu biar lolos


Memang berat rasanya jika tadinya tidak terbiasa minum air putih sebanyak itu.Tapi demi diri sendiri juga dan kelancaran supaya lulus waktu mcu kamu harus membiasakan hal itu . Mulai biasakan diri hidup sehat dengan rutin minum air mineral tidak akan membuat kamu mengalami kerugian , malah bahkan sebaliknya bakalan memberikan dampak yang baik buat diri sendiri .

3. Puasa sebelum Medical check up.
Banyak yang masih bertanya-tanya kenapa harus puasa sebelum medical ?.
Apakah wajib berpuasa sebelum mcu ?
Mengapa harus puasa sebelum pemeriksaan kesehatan kerja ?.

Memang terkadang ada perusahaan yang memberitahukan kepada calon karyawannya yang akan melakukan test medical untuk berpuasa dahulu . Tetapi ada juga yang tidak memberitahukannya sama sekali . Tapi dalam menghadapi pemeriksaan kesehatan ,saya sendiri selalu berpuasa selama 8-10 jam sebelum mcu di lakukan .Meskipun tidak ada perintah dari pihak perusahaan untuk berpuasa ,Alhamdulillah selalu lulus pada tahap ini .

Puasa disini yaitu tidak makan serta minum dalam waktu yg di tentukan . Akan tetapi boleh kok jika minum air mineral biar tubuh gak dehidrasi . Yang tidak di perbolehkan itu seperti minum kopi , alkohol , serta minuman yang ada zat pewarna nya .

Terus apakah harus banget buat puasa sebelum di adakannya MCU ? .
Fungsi puasa ketika saat akan melakukan medikal cek up adalah supaya hasil dari pemeriksaan akurat . Jikalau kamu gak puasa hasilnya bisa tidak terlihat akurat . Dikarnakan zat-zat yang ada pada makanan dan minuman yang di konsumsi terakhir akan memberikan dampak langsung yg bisa menyebabkan hasil tes kesehatan kurang akurat .

Hal demiikian bisa mengakibatkan salah diagnosa dan bisa berkemungkinan kamu di suruh buat melakukan pemeriksaan ulang .Bahkan yang paling parah yaitu kamu gagal dalam tes mcu . Pastinya tidak mau dong jika hal itu terjadi karna sudah berkorban waktu , tenaga , bahkan uang eh malahan gagal . Namun jika kamu berpuasa yang malahan mengakibatkan permasalahan pada kondisi tubuhmu , alangkah baiknya konsultasi pada perawat atau dokter .

Ohya , pada saat sebelum kamu mulai berpuasa makanlah makanan yang sehat bergizi , hal itu buat mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh .

4. Berhenti dulu buat mengkonsumsi obat / suplemen .
Usahakan jangan mengkonsumsi obat apapun dalam kurun waktu sehari atau 3 hari sebelum waktu periksa kesehatan .Di karenakan hal itu bisa sangat fatal dan berpengaruh besar pada hasil tes . Saat kandungan bahan pada obat yang di konsumsi terlarut pada tubuh bisa mempengaruhi saat tes darah dan juga urine .

Kita tidak tahu apakah obat yang di konsumsi memiliki zat yang bisa berpengaruh besar buat tubuh ketika sebelum medical test , jadi lebih baik stop dahulu pemakaian obat . Tetapi jika terpaksa lebih baik kamu langsung berkonsultasi pada dokter yang memeriksa .

Baca Juga : Cara menulis surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar

Sepertihalnya saya ini , pernah ketika mengikuti mcu saya mengkonsumsi obat tepatnya 2 hari sebelum melakukan test kesehatan . Hal tersebut saya lakukan karna terpaksa di karenakan hari itu kepala saya pusing serta cenut-cenut yang tidak tertahankan .Kemudian buat meredakannya mau tidak mau saya mengkonsumsi obat warung .

Saya sempat khawatir jika obat yang telah di konsumsi berdampak buruk buat hasil test . Dan ketika saat hari H nya dimana waktu pemeriksaan test urine dan juga pengambilan darah saya bilang ke tim pemeriksa jika 2 hari lalu sya mengkonsumsi obat pereda sakit kepala yang saya beli dari warung  .

Dan tim pemeriksa langsung bilang jika hal itu tidak apa-apa sembari dia menulis sesuatu di  buku . Pikir saya mungkin itu sebuah catatan atas nama saya buat mengantisipasi jika terjadi kendala pada hasil test itu. Saya pun merasa tenang setelah mendengar hal tersebut . Dan Alhamdulillahnya beberapa hari kemudian saya mendapat kabar telah lolos mengikuti medical cek up.

5. Berhenti merokok bagi perokok .
Suatu hal yang sangat berat jika sudah manjadi perokok aktif buat berhenti . Tetapi supaya lolos pemeriksaan kesehatan mau tidak mau kamu harus melakukannya . Kamu harus berkorban demi mendapatkan impian yang kamu dambakan , yaitu mendapatkan pekerjaan yang layak serta gaji besar .
cara lulus mcu di pt


Perusahaan sangat memperhatikan sekali kondisi paru bagi calon karyawannya , di karenakan mereka tidak menginginkan karyawannya sakit sakitan di kemudian hari .

Banyak yang beranggapan minum kecap beberapa jam sebelum mcu bisa menutupi permasalahan yang ada pada paru. Ada juga yang menyarankan minum susu kental sachetan agar pemeriksaan rongten menjadi baik.

Hal tersebut masih simpang siur apakah fakta yang bisa menjadi tips medical check up bagi perokok supaya lolos.Atau apakah cuma mitos saja karna belum ada bukti ilmiah sejauh ini jika mengkonsumsi susu atau kecap dapat memberikan hasil yang baik pada hasil pemeriksaan rongsen .

Akan tetapi tidak sedikit juga teman saya yang termasuk perokok berat melakukan tips meminum kecap. Dan mereka sukses melewati test periksa dokter sampai lolos bekerja . Entah itu faktor hoki , atau memang sudah rezekinya disitu. Atau memang ada aspek penilaian tertentu pada setiap masing - masing perusahaan dalam melakukan tes mcu . Saya sendiri juga belum mengetahui pasti akan hal itu. Karna itu adalah privasi setiap perusahaan .

Tapi alangkah baiknya mulailah hidup sehat dan stop rokok buat meminimalisir hasil yang tidak di inginkan .Dikarnakan nikotin pada rokok yang di hisap kemudian menempel pada paru sangat terlihat ketika melakukan test rongten . Tentunya hal tersebut tidak baik buat kamu , karna akan mempengaruhi penilaian . Maka dari itu stop mulai sekarang , agar peluang lolos mcu lebih besar .

6. Berdoa .
Ini tidak kalah penting , setelah kita melakukan usaha dan pengorbanan jangan lupa berdoa supaya semua berjalan lancar .

Di atas adalah beberapa tips untuk menghadapi medical check up supaya lolos

Di sini saya juga bakal memberikan tips persiapan sebelum dan pada saat berlangsungnya pemeriksaan kondisi tubuh ketika mcu . Di bawah ini cara lulus mcu yang sering saya lakukan .

Pertama , jadi pada pagi hari sebelum berangkat buat test kesehatan jangan lupa bersihkan kotoran yang ada pada telinga . Karna biasanya dokter akan mengecek kondisi telinga kamu dari test pendengaran dan juga melihat langsung dengan alat khusus kedalam telinga .

Kedua , di atas kan sudah ada himbauan jika jangan makan yang bisa mempengaruhi hasil tes dan lebih baik berpuasa sebelum mcu . Makanan yang di maksud itu ialah makanan berat , yang memiliki kadar zat berlebih . Tapi saya sendiri memilih sarapan karna takut magh , sarapan yang saya pilih tidak sembarangan . Saya memilih roti tawar yang rendah kalori , lemak dan gula tanpa toping apapun , kemudian banyakin minum air mineral .

Kemudian , bersihkan mulut minimal ya sikat gigi biar bersih dan tidak bau pada waktu pemeriksaan . Untuk yang mempunyai gigi bolong , gigi hitam , dan gigi berkarang jangan takut gagal . Konsultasi saja kepada dokter nya , selagi tidak banyak permasalahan yang bisa mengganggu ketika memang sudah di terima kerja , menurut saya dapat di pastikan lolos .

Mengapa saya berbicara demikian ? Logikanya begini, perusahaan akan menyeleksi calon pekerjanya agar sistem kerja yang sudah di atur sedemikian rupa berjalan dengan lancar . Tetapi jika kamu memiliki riwayat sakit gigi yang bisa berkemungkinan dalam waktu jangka panjang , dapat di pastikan kamu gagal dalam test ini . Karena di takutkan sakit gigi yang di derita dapat mengakibatkan kendala dan proses pada perusahaan tersebut menjadi terhambat . Memang tidak semuanya berpotensi kegagalan , krna pasti ada juga perusahaan yang bisa mentoleransi hal tersebut agar kamu tetap lolos .

Lihat Juga : Cara interview kerja yang baik untuk pemula supaya lolos

Setelah itu , ketika melakukan test urine kan setiap pasien di berikan sebuah tempat penampung buat air seni masing-masing, volumenya tidak banyak hanya beberapa mili liter . Pada waktu memasukan urine nya jangan sembarang .

Ambil sampel urine yang warnanya bening , hal itu bisa di dapatkan ketika pada pertengahan waktu kencing . Itulah yang di masukan pada botol penampungan air,  saya pun selalu melakukan hal tersebut . Jadi saat waktu pertama kencing lepas saja dan buang karna biasanya air urine yang pertama keluar terlihat keruh , buktikan saja sekarang agar kamu tau sebelum waktu test tiba .

Selanjutnya jangan di lepaskan semua sampai habis , tahan sebentar dan masukan air seni mu ke dalam botol . Disini kita bisa memanfaatkan ilmu kira-kira yang di miliki masing masing individu buat mendapatkan urine yang bening hehe .

Setelah itu ,  pada test mata penguji menginstruksi buat menutup salah satu mata dan memerintahkan membaca huruf -huruf yang di tunjuk .
tips mcu mata minus

Pada waktu menutupnya jangan menekan mata terlalu keras . Itu bisa mempengaruhi penglihatan mu pada waktu di buka . Bisa terlihat samar nantinya pandangamu yang bisa berakibat salah sebut huruf yang di tunjuk .

Nah itulah beberapa cara agar lolos mcu di perusahaan bagi calon karyawan yang sedang berjuang mencari pekerjaan yang di idamkan . Adapun tips lulus mcu ini saya dapatkan berdasarkan pengalaman saya sendiri dan juga teman lainnya . Serta merangkumnya dari berbagai sumber informasi terpercaya di internet .Maka dari itu jika ada kesalahan dan kekeliruan dalam penyampaiannya mohon di koreksi .  Jika berguna silahkan share ke teman yang membutuhkan , semoga kamu yang sedang membaca trik lolos pemeriksaan kesehatan kerja bisa mendapatkan hasil yang maksimal, Amin .

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar