Pertanyaan Jebakan Saat Interview Kerja Yang Sering Di Tanyakan

Pertanyaan Jebakan Saat Interview Kerja Yang Sering Di Tanyakan

interview kerja di pt
Buat kamu yang sedang mencari pertanyaan jebakan saat interview kerja senangnya bukan main pasti saat kamu sudah lulus sekolah karena merasa diri sudah terbebas dari segala rutinitas belajar dan ingin cepat bergegas mencari pekerjaan , Kalau yang lanjut meneruskan pendidikanmah beda lagi ya . Tapi bagi kamu yang ingin segera berkerja setelah lulus saya ucapkan selamat , Selamat datang ke kehidupan yang sebenarnya . Masa itu juga pernah saya lalui yang dimana pada saat saya masih duduk di bangku sekolah ingin segera mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan uang , setelah lulus ingin langsung mendapatkan pekerjaan dambaan . Tapi ternyata pikiran saya salah , masa depan itu rumit di penuhi dengan teori , skil dan jati diri . Eksepekstasi hanyalah ekspekstasi berbeda dengan realita , Jika hanya ingin ingin saja tetapi tidak bergerak alias jalan di tempat saja kamu tidak akan mendapatkan apa-apa sedangkan yang lainnya sedang berjalan maju .

Misal kamu ingin mendapatkan pekerjaan segeralah bergerak , cari lowongan . Caranya bisa dengan menanyakan pada teman yang sudah berkerja apakah di tempatnya sedang membutuhkan karyawan , jika ada mintalah bantuan dia dengan bertanya persyaratan apa saja yang harus di penuhi agar bisa masuk . Bagi yang baru lulus dan belum merasakan apa saja pertanyaan interview kerja fresh graduate kamu bisa dengan begabung di grup pencari loker di sosial media seperti facebook untuk mecari loker . Dan seiring berkembangnya waktu dan perkembangan teknologi kini mencari kerja bisa dengan secara online salah satunya jobstreet.co.id sebuah situs yang di dalamnya terdapat informasi tentang lowongan kerja yang ada di indonesia , Kamu cukup daftar dan lengkapi semua persyaratan nya serta spesifikasi pekerjaan apa yang kamu inginkan tinggal pilih saja karena setiap harinya info lokernya akan terus update bahkan kamu bisa mendapatkan info tersebut melalui email kamu .

Lihat Juga : Cara Daftar Jobstreet Terbaru Untuk Melamar Kerja Online

Jika kamu sudah mendapatkan panggilan kerja pasti pihak perusahaan akan melakukan test terlebih dahulu untuk mengukur kepribadian dan kemampuan calon karyawan salah satunya yaitu wawancara kerja . Bagi yang sudah sering mengikuti tahapan ini pasti udah tidak bingung lagi dan sudah tau pertanyaan apa saja yang keluar saat interview lkarena menurut saya hampir sama . Tetapi ada juga yang berbeda makanya jangan menyepelekan tahapan ini . Lakukanlah pembelajaran dan riset terlebih dahulu apalagi untuk yang baru interview pertama kali .Untuk fresh graduate atau yang baru pertama kali test interview selow aja bro jangan nge down sebelum tempur . Untuk mendapatkan jawaban interview kerja yang baik kamu bisa merangkumya dulu dalam sebuah catatan untuk bahan pembelajaran caranya dengan menanyakan pada teman yang lebih berpengalaman dalam test pekerjaan atau bisa dengan melakukan riset di internet .
jawaban interview motivasi kerja

Pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview

Untuk menjawab pertanyaan saat interview kerja untuk pemula hal yang harus di lakukan pada diri kamu yaitu bersikaplah tenang. Hal ini bertujuan supaya kamu bisa dengan baik menjawab apa saja pertanyaan yang sering keluar waktu wawancaea kerja sedang berlangsung . Banyak kasus pada waktu interview mengalami kegagalan karena disaat berbicara ucapannya terpatah-patah , jawabannya aaa ii uu ee oo dulu serta pikiran blank , sikap seperti itu tidak di sukai oleh perekrut kerja . Padahal kamu yakin bisa menjawab pertanyaan interview kerja dengan mudah , tetapi karena kamu tidak tenang jawabanmu jadi buyar dan ngelantur ngalor ngidul sehingga tanpa disadari munculah pertanyaan jebakan dari si pewawancara dan merambat ke pertanyaan yang lainnya yang menyebabkan semakin lama kamu di tempat tersebut dalam sesi wawancara .

Oh ya sebelumnya banyak yang beranggapan jika saat tahap interview kerja dan kamu memakan waktu yang lama dari yang lain dapat di pastikan lolos ke tahap berikutnya padahal belum tentu benar. Semisalnya ketika kamu memakan waktu 15 menit dalam sesi wawancara dan ada orang lain pada waktu di interview cuma 5 menit belum tentu kamu akan lolos , Bisa saja yang memerlukan sedikit waktu yang malahan sukses ke tahap berikutnya . Bahkan ada juga yang sebaliknya , jika waktu interview cepat bisa lulus dan yang lama tidak bisa melanjutkan ke test berikutnya . Berapa lama waktu kamu menghabiskan waktu saat wawancara pekerjaan menurut saya tidak bisa di jadikan tolak ukur calon karyawan tersebut bisa lolos atau tidak, karena yang menjadi penilaian bukan waktu . Tapi yang di ukur adalah hasrat yang dimiliki oleh kamu dalam pekerjaan yang di hadapi nantinya , nilai dan kepribadian dsb .


Beberapa contoh pertanyaan jebakan yang sering keluar saat wawancara kerja kadang di butuhkan untuk menjadi referensi pembelajaran bagi pencaker dan kali ini saya merangkumnya serta bagaimana cara menjawab pertanyaan itu dengan sederhana dan elegan.

1. Deskripsikan tentang diri Anda.
Hal pertama yang pasti di tanya adalah tentang mendeskripsikan siapa kamu , dari nama lengkap , alamat tempat tinggal dan juga domisili sekarang .Kalo yang ini sih pasti sudah hafal di luar kepala dan tidak perlu belajar lagi ya pasti sudah mengerti bagaimana cara menjawabnya . Tapi terkadang ada pewawancara yang menanyakan identitas dan umur dari keluarga kamu , contohnya menanyakan umur orang tua . Jawablah dengan benar jangan sampai tidak tahu  Jangan hanya hafal tanggal lahir pacar saja ya  , nanti malah di ketawakan karena tidak mengetahui umur dan tanggal lahir dari orang tua sendiri .Jika memang benar lupa sebelum wawancara ada baiknya, cari tahu hal tersebut dengan melihatnya di kartu keluarga atau langsung menanyakan ke ortu . Hal sepele tapi jika tidak tau atau lupa kesanya jadi pertanyaan menjebak jadi ya di antisipasi saja bro . Karena saat kamu menjawab satu kali salah atau tidak bisa menerangkan jawaban secara detail , untuk jawab pertanyaan selanjutnya bakalan blank karena malah memikirkan jawaban dari pertanyaan yang tidak bisa di jawab sebelumnya secara baik .

2. Apa kegiatan Anda selama ini .
Membantu orang tua  . Ya jawaban itu paling sering di lontarkan saat interview user waktu di tanya tentang kegiatan selama ini  . Menurut saya jangan pakai jawaban itu karena sangat klasik sekali , toh membantu orang tua adalah kewajiban bagi seorang anak . Berikanlah jawaban yang bisa memberikan kesan yang bisa di anggap menarik .Contohnya di ambil berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. 
Pada saat Hrd menanyakan " Apa kegiatan kamu selama ini ?.


Jawaban nya saya berjualan kaos , dengan menjadi reseller . Sistemnya bagi hasil kebetulan teman saya mempunyai bisnis kaos dan saya menawarkan diri untuk memasarkan produknya . Saya juga berjualan pulsa dan token listrik .

Itulah jawaban yang tepat pada saat di tanya tentang kegiatan . intinya jawablah sedetail mungkin dan jangan mengada ngada buat mengantisipasi jika muncul pertanyaan lain tentang jawaban kamu sebelumnya maka kamu sudah menguasainya dan tidak bingung lagi .
Berikan jawaban yang bernilai , tapi jika bingung kamu bisa mengakalinya .

Contoh pertama , jika kamu suka berolahraga jawab saja jika kamu suka mengikuti turnament olahraga di mana , dan apa saja yang di dapat jelaskan sedetail mungkin .

Kedua , memanfaatkan kegiatan teman mu buat jadi referensi . Semisal ada teman kamu yang memiliki bisnis tanyakan sistem , dan cara kerjanya bagaimana buat jadi bahan pembelajaran kamu . Rangkum semuanya buat di jadikan bahan buat menjawab pertanyaan yang di lontarkan Hrd .Meskipun kamu tidak terjun langsung di kegiatan tersebut yang terpenting kamu faham sistemnya . Toh yang menginterview tidak akan tahu kamu benar memiliki bisnis tersebut atau tidak jadi sedikit berbohong tidak apa hehe .

Ketiga , Jika benar sudah bingung kamu masih bisa memanfaatkan jawaban andalan "membantu orang tua ". Tetapi jelaskan dengan rinci membantu seperti apa dulu ? cuci piring . mencuci baju kah ?.

3. Apa kelemahan dan kelebihan Anda ?.

Jika di tanya tentang kelebihan dan kelemahan saat interview banyak yang masih bingung harus menjawab apa , dan ini adalah termasuk pertanyaan favorit bagi Hrd untuk pelamar . Hal yang perlu kamu ketahui jika di tanya hal tersebut adalah jangan terlalu polos . Untuk pelamar pemula jangan berikan kelemahan yang malah menjadi boomerang buat diri sendiri.

Contohnya , saya suka pusing , saya terkadang memiliki keluhan sakit gigi . Auto gagal bro kaya gitu mah , jawaban ini biasanya di lontarkan bagi pencari kerja pemula saat interview pertama kali .Secara gituloh perusahaan kan pastinya menginginkan karyawan yang sehat dan bugar serta mampu menghadapi kerjaan dalam suatu tekanan tertentu . Jadi Logikanya jika kamu memberikan jawaban itu dapat di pastikan gagal karena para HRD berfikiran untuk apa merekrut karyawan yang mempunyai keluhan sakit sedangkan  masih banyak di luaran sana yang sehat bugar .

Lalu bagaimana trik menjawab pertanyaan interview tentang kelemahan dengan baik ? . Kalo kamu memiliki segudang kekurangan dan juga kelebihan jangan di jawab semuanya . Berikanlah sesuatu yang bernilai , akuilah jika kamu memiliki kekurangan karena manusia tidak ada yang sempurna dan berbanggalah dengan kelebihanmu karena tidak semua orang mempunyai skill dan kemampuan sepertimu tapi jangan lah kamu sombong atas kemampuanmu .

Cara yang terbaik dalam menjawab pertanyaan ini haruslah seimbang . Seimbang yang dimaksud itu seperti apa ? . Jadi begini bro saat kamu menjawab kelemahan mu berikanlah solusi nya juga untuk mengatasi kelemahanmu tersebut dan jadikan juga sebuah kelebihan. contohnya seperti di bawah ini .

-Saya terkadang suka lupa , jadi saya mengatasinya dengan menulis catatan kecil di buku saku / handphone saya . Jadi ketika lupa saya bisa mengingatnya kembali dengan membuka catatan tersebut .
- Saya terlalu ambisius jika mengerjakan sesuatu , yeng mengakibatkan saya tidak kenal waktu karena menginginkan pekerjaan tersebut cepat terselesaikan .

Baca juga : Cara Interview kerja yang Baik Agar Lolos ( Pengalaman Sendiri )

Intinya berikanlah solusi terbaik atau langkah mengatasi kelemahan yang ada pada diri kamu .Dan untuk menjawab kelebihan nya jangan terlalu berlebihan nanti di anggap terlalu sombong oleh HRD . Karena adanya pertanyaan tentang kelebihan ini yaitu buat mengetahui kamu sebagai calon karyawan cocok atau tidak dengan visi dan target dari perusahaan , contohnya .
- Saya mampu memotivasi diri sendiri dan juga orang lain.
- Saya mampu dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru , situasi serta kondisi .

4. Gaji.
Jika soal uang pasti semuanya menginginkan hasil yang besar , boleh saja negoisasi menginginkan gaji sekian rupiah asalkan di dukung dengan pendidikan , pengalaman , serta kemampuan dan skill kamu yang sudah mumpuni . Tapi jika tidak memiliki semua itu lebih baik jawab saja , untuk gaji mengikuti UMR saja . Yaitulah jawaban yang paling aman dan tepat menurut saya .

Mungin itu saja pembahasan kali ini tentang pertanyaan jebakan saat interview kerja, semoga bagi kamu yang akan mengikuti tahap interview di pt , bank , pabrik , alfamart , indomart dan lainnya semoga bisa lulus Amin . Semoga artikel tentang cara menjawab pertanyaan jebakan saat interview ini bisa berguna , jika ada kesalahan ya maap bro dan jika ada yang ingin mengoreksi atau memberikan tips lainnya  sangat dipersilahkan .

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar