Cara Interview yang Baik Untuk Meyakinkan Perusahaan Agar Diterima

Cara Interview yang Baik Untuk Meyakinkan Perusahaan Agar Diterima

tips lolos interview kerja
Pada pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa tips pengalaman tentang bagaimana cara interview kerja yang baik supaya diterima . Mungkin bagi sebagian pencaker sudah tidak asing lagi dengan test yang satu ini apalagi yang sudah pernah atau sering mengikuti wawancara kerja perusahaan . Tapi bagi seorang pemula atau calon karyawan baru yang akan terjun ke dunia kerja pasti bingung langkah dan persiapan apa saja yang harus di lakukan. Serta bagaimana cara menghadapi interview yang baik untuk menghadapi test wawancara kerja supaya diterima .

Tenang jangan panik bro , pemikiran seperti itu sama seperti saya waktu pertama kali akan menghadapi wawancara kerja apalagi untuk fresh graduate . Ada rasa tidak percaya diri dan takut karena namanya juga belum pernah sama sekali mengikuti test interview perusahaan .

Itu wajar tetapi jangan di teruskan karna hal tersebut malah membuat mental kamu menjadi down sebelum tempur dan yang ada kamu nanti tidak lulus mengikutis interview kerja . Dan bagi yang pernah mengikuti interview user tetapi gagal saran dan motivasi saya jangan pesimis dan murung .Terus berlatih serta jangan lah menyerah , jadikan hal tersebut sebuah pembelajaran diri supaya di test interview berikutnya kamu berhasil lolos.

Carilah sebab dan koreksi diri dari segi apakah yang menyebakan dirimu mengalami kegagalan dalam test wawancara user. Apakah dari sikap ataukah mungkin salah tutur kata saat menjawab pertanyaan dari HRD, sehingga dinilai kurang sopan dan tidak baik .

Cara menjawab interview yang baik dan benar

Nah pada kesempatan ini saya akan memberikan tips lolos interview kerja berdasarkan pengalaman saya sehingga dapat di terima di sebuah PT besar . Apa saja yang perlu di perhatikan ketika menunggu panggilan test wawancara kerja .

Kemudian bagaimana trik menjawab pertanyaan interview kerja yang baik dan meyakinkan perusahaan agar di terima. Semoga bisa menjadi referensi dan pembelajaran guna menambah wawasan kamu mengenai test wawancara kerja .

Sebelum itu perlu kamu tahu ketika perusahaan melakukan perekrutan kerja, selain interview tahap berikutnya bakal ada pengecekan kesehatan tubuh . Ada baiknya persiapkan sejak dini dengan melakukan persiapan sebelum medical check up supaya lolos .

Adapun tips agar lolos interview yang mesti kamu lakukan adalah berlatih, caranya sebagai berikut.

Pertama , berlatihlah dan tanamkan pemikiran positif nan optimis bahwa kamu bisa lolos wawancara , yakin seyakinnya pada diri sendiri. Kemudian berlatihan, manfaatkan waktu semaksimal mungkin .

Setelah itu kamu bisa latihan dengan bantuan teman , atau saudara. Yaitu dengan memposisikan teman kamu. Anggap saja dia sebagai HRD yang mengajukan pertanyaan dan kamu menjawabnya . Kamu harus terbiasa dan mempelajari pertanyaan yang sering keluar saat interview. Juga bagaimana tips jika HRD mengajukan pertanyaan jebakan saat interview kerja .

Kalaupun tidak ada teman yang bisa membantu, ya cukup dengan memanfaatkan cermin . Saya sering melakukan ini ketika akan berhadapan dengan test wawancara di perusahaan . Caranya dengan menatap mata dan memperhatikan raut wajah sendiri yang ada pada pantulan cermin . Memang terlihat konyol karena seperti orang yang tidak waras karena kesannya terlihat sedang bicara sendiri .
cara interview user yang baik


Tapi trik ini sangat efektif karena kita bisa mengukur tentang diri sendiri. Gimana mengatur wajah supaya terlihat senang dan tidak terlihat cemberut .Intinya melatih ekspreksi dan mengontrol emosi . Kemudian pengaturan segi besar kecilnya suara ,karena pada saat interview user suara itu sangat di perhatikan .

Karena buat mendapatkan hasil interview yang baik .Pada saat menjawab pertanyaan suara kita harus keras dan lantang agar terdengar jelas ,tetapi jangan teriak teriak juga loh ya  .Kamu pastinya paham dan dapat membedakan suara keras dan teriak itu seperti apa. Hal ini gunanya buat berlatih berbicara yang baik ketika interview karyawan . Nah teruntuk kamu yang memiliki suara yang pelan cobalah berlatih menaikan volume suaramu sejak dini .

Setelah itu jawablah dengan spontan pertanyaan yang di luncurkan oleh HRD . Jangan berfikir terlalu lama dan u a e o dulu baru menjawab . Setelah itu jangan terlalu sering kebanyakan menanyakan pertanyaan kepada pihak penginterview . Memang kadang kita di hadapkan oleh orang HRD yang dimana waktu bertanya suaranya sangat pelan ,disini telingamu harus benar-benar di pasang bro . Boleh mengajukan ulang pertanyaan sekali atau dua kali tetapi jangan terlalu sering oke .

Selanjutnya perhatikanlah sikap , sikap sangat di perhatikan juga waktu wawancara kerja . Dari gerak gerik serta bahasa tubuh dan juga pakaian yang di kenakan . Hal itu bisa menjadi salah satu penilaian juga untuk kesuksesan interview kerja mu .

Dimulai dari pakaian , kenakanlah pakaian yang sesuai dengan arahan dari perusahaan biasanya arahan tersebut kita dapat mengetahuinya pada saat menerima informasi panggilan test kerja bisa dari sms atau juga telepon, harus mengenakan apakah ketika sesi interview. Formalnya sih kemeja putih dan celana bahan berwarna hitam , akan tetapi ada juga perusahaan yang menggunakan barcode tertentu untuk perekrutan karyawan baru nya pada saat melakukan test kerja .

Saya pun jika mendapat telepon buat mengikuti wawancara selalu menanyakan ke pihak yang menghubungi supaya tidak salah dan malu . Tidak semua perusahaan ketika menghubungi memberitahu seragam apa yamg mesti di kenakan . Disini kita harus berperan aktif untuk menanyakan hal tersebut, jangan lah ragu supaya tidak ada kesalahan . Tanyakan saja seperti ini "mohon maaf pak/buk , untuk seragam dan sepatunya megenakan warna apa ya ", seperti itu . Jika sudah tau jangan lupa di setrika ya bro biar rapih hehe .

Tata cara interview yang baik

Terus saat memasuki ruangan test ketuklah pintu terlebih dahulu dan ucapkanlah salam , selamat pagi / siang . Kemudian masuk ke dalam ruangan tersebut . Biasanya sudah tersedia kursi kosong yang sudah di sediakan untuk interview user, tapi jangan langsung duduk . Berdirilah di samping kursi tersebut sampai kamu di persilahkan untuk duduk . Jika tidak disuruh duduk juga berikanlah pertanyaan misal " Maaf bolehkah saya duduk disini pak/bu " intinya yang sopan dan berikan senyuman. Hal itu juga termasuk cara interview yg baik , yang dapat mempengaruhi point ketika tahap penyeleksian .

Posisi duduk yang baik saat interview juga harap di perhatikan bro , duduklah senyaman mungkin jangan nyender ke senderan kursi ya . Usahakan badan kamu tegap dan taruh kedua tangan kamu seperti pada gambar di bawah ini , dengan menaruhnya di atas sekitaran paha atau dengkul . Posisikan serileks mungkin agar meminimaliris ketegangan .

pertanyaan interview kerja pertama kali

Hindari pergerakan tangan yang tidak penting saat interview kerja sedang berlangsung , kaki juga seperti itu dan jangan kebanyakan gerak . Jika kamu adalah orang yang pas sewaktu gugup kemudian reflek menggerakan tangan atau kaki . Disini kamu harus mencoba mengkontrolnya tetap diam supaya hal itu tidak terjadi , tetap tenang dan relaks bro . Atur nafas , bayangkan kalau yang ada di hadapanmu adalah temanmu .

Baca juga : Pertanyaaan jebakan yang sering keluar saat interview kerja

Setelah itu kontak mata dan ekspresi wajah kondisikan juga , jangan menundukan pandangan mata kebawah atau ke arah lain. Tetapi tatap saja mata yang menginterview kamu tapi jangan berlebihan apalagi melotot . Fokuskan kontak mata kamu ke pewawancara yang memberikan pertanyaan sembari memberikan senyuman hangat . Iya bro kamu harus senyum pada saat sedang di wawancara kerja , berikanlah senyum tulus dan jangan berlebihan. Berikanlah kesan bahagia dan jangan memperlihatkan muka bete , murung , cemberut yang membuat si penginterview tidak betah kepada kamu .

Hal selanjutnya adalah bagaimana cara menjawab pertanyaannya wawancara kerja yang baik . Seperti yang sudah di jelaskan di atas untuk menjawab pertanyaan interview kerja dari HRD suara kamu harus keras , lantang dan jelas serta jangan bertele tele . Kemudian usahakan jawaban kamu tidak memancing pertanyaan lagi dan tidak mengeluarkan pertanyaan jebakan , jawablah sedetail mungkin.

Lihat Juga : Berkas melamar kerja yang umum di pakai supaya cepat dapat panggilan

Mungkin itu saja beberapa trik dan cara lolos interview kerja . Semua yang saya tuliskan di atas berdasarkan pada pengalaman saya sendiri dalam mengikuti test interview di sebuah pt dan sukses 100% .Dan cara interview yg baik ini selalu di terapkan dalam test-test mengikuti interviuw pekerjaan di beberapa perusahaan besar . Tetapi saya sendiri tidak menjamin kamu bakal lolos loh ya setelah mengikuti cara yang saya lakukan karna kriteria penyeleksian karyawan baru itu beda-beda . Jangan salahkan saya jika gugur , semuanya  tergantung kamu . Disini saya cuma memberikan referensi , intinya teruslah berlatih dan carilah informasi tambahan referensi lainnya supaya kamu lebih siap dan matang . Semisal kamu di panggil di PT. A , bertanyalah tentang bagaimana dan apa saja test yang ada di PT.A tersebut bisa ke orang yang pernah mengikuti test dalam perusahaan tersebut terus bisa juga kamu mencarinya di internet buat menghadapi tes interview kerja . Proses tidak menghianati hasil bro, tetap semangat salam pencari kerja .
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar